Anti Virus Pada USB Flas Disk

Posted on Updated on


Sekedar menambahkan, selain dari :
– Patching windows
– Password admin yg aman
– Fitur autorun USB (autorun.inf) ada lagi tambahan …

Apa itu? Pintu yg terbuka lebar … Maksudnya? Share folder di komputer teman-teman agar diperiksa access privilledge- nya, apakah terbuka bebas alias everyone full control atau harus ada password (atau read only access)? Kalo read only access tentu aman, kalo harus ada password pun harusnya aman … tapi kalo pintu terbuka lebar, itulah pintu masuk bagi Conficker … cek deh share folder ini !!! O iya, sekedar tips, untuk sedikit menambah keamanan USB, ada yg pernah coba bikin FOLDER (ingat ya, FOLDER, bukan FILE) dengan nama Autorun.inf?

Coba buat, trus tambahkan attribut hidden, read-only, dan system di folder tsb. Itu baru langkah awal. Saya pernah coba masukkan USB yg sudah saya bikinin folder autorun.inf ke komputer teman yg terinfeksi berat bermacam-macam virus/spyware. Ada loh malware itu yg bisa hapus FOLDER autorun.inf tsb dan merubahnya jadi FILE autorun.inf, tapi memang ketika itu saya BELUM tambahkan attribut hidden, read-only dan system …. tapi dari kejadian itu berarti sudah ada virus yg menyertakan fungsi perubah autorun.inf ke versi si virus … atau bisa juga diambil kesimpulan bahwa si virus menghapus lebih dulu semua yg bernama autorun.inf untuk kemudian meng-copy-kan file autorun.inf punya dia sendiri …

Trus cara selanjutnya saya pengen coba cara ini : Di dalam FOLDER autorun.inf yg sudah kita buat dan diberi attribut +h +r +s itu, saya buat lagi FOLDER dengan attribut yg sama. Jadi skr sudah ada 2 folder, rekursif …

Kemudian sebagai tambahan, saya buat satu FILE text dan saya isi text apa saja, misal kalimat ‘ngisengin autorun neh, hehehe’ … saya save sebagai file apa saja, misal FILE autorun.inf atau iseng.txt, terserah … terus file text itu, saya beri attribut +h +r +s (hidden, read-only, system) dan saya ganti access priviledge-nya dari tadi everyone/administra tor/user saya menjadi hanya user lokal saya .. tujuannya, kalo nanti virus itu pengen rubah FOLDER autorun.inf menjadi FILE autorun.inf maka dia harus kerja lebih keras (itupun jika virus memang sudah menyertakan fungsi perubah/penghapus itu) dan tentunya ada kerja lain si virus yaitu harus take ownership lebih dulu terhadap si FILE ……

Ingat : ngerubah attribut dan access priviledge FILE/FOLDER harus dilakukan di harddisk … pertama karena fungsi itu biasanya tidak ada di USB, kedua anggaplah kita bikin backup untuk/jika ada USB lain yg ingin diberikan FOLDER autorun.inf ini … Trus langkah selanjutnya adalah memasukkan FILE autorun.inf ini ke dalam FOLDER autorun.inf rekursif yg sudah kita buat, terserah akan diletakkan di FOLDER mana FILE-nya …

Contohnya, di folder Z:Autorun.inf isinya : – Folder Autorun.inf lagi – File autorun.inf dan di dalam folder autorun.inf kedua (Z:autorun. infautorun. inf) ada lagi isinya yaitu :

  • File autorun.inf Ini hanya contoh, silahkan coba divariasikan … Setelah Folder dan File selesai disusun, bikin backup di harddisk untuk lain kali jika ada USB yg lain lagi bisa tinggal dikopikan. Kenapa bikin beginian? Kalo untuk di komputer sendiri bisa aman, tapi kalo USB dibawa-bawa ke komputer lain kan paling tidak ada file dan folder yg bisa bermaiSekedar menambahkan, selain dari : – Patching windows – Password admin yg aman
  • Fitur autorun USB (autorun.inf) ada lagi tambahan … Apa itu? Pintu yg terbuka lebar … Maksudnya? Share folder di komputer teman-teman agar diperiksa access privilledge- nya, apakah terbuka bebas alias everyone full control atau harus ada password (atau read only access)? Kalo read only access tentu aman, kalo harus ada password pun harusnya aman … tapi kalo pintu terbuka lebar, itulah pintu masuk bagi Conficker … cek deh share folder ini !!! O iya, sekedar tips, untuk sedikit menambah keamanan USB, ada yg pernah coba bikin FOLDER (ingat ya, FOLDER, bukan FILE) dengan nama Autorun.inf?

Coba deh bikin, trus tambahkan attribut hidden, read-only, dan system di folder tsb. Itu baru langkah awal. Saya pernah coba masukkan USB yg sudah saya bikinin folder autorun.inf ke komputer teman yg terinfeksi berat bermacam-macam virus/spyware. Ada loh malware itu yg bisa hapus FOLDER autorun.inf tsb dan merubahnya jadi FILE autorun.inf, tapi memang ketika itu saya BELUM tambahkan attribut hidden, read-only dan system …. tapi dari kejadian itu berarti sudah ada virus yg menyertakan fungsi perubah autorun.inf ke versi si virus … atau bisa juga diambil kesimpulan bahwa si virus menghapus lebih dulu semua yg bernama autorun.inf untuk kemudian meng-copy-kan file autorun.inf punya dia sendiri … Trus cara selanjutnya saya pengen coba cara ini : Di dalam FOLDER autorun.inf yg sudah kita buat dan diberi attribut +h +r +s itu, saya buat lagi FOLDER dengan attribut yg sama.

Jadi skr sudah ada 2 folder, rekursif … Kemudian sebagai tambahan, saya buat satu FILE text dan saya isi text apa saja, misal kalimat ‘ngisengin autorun neh, hehehe’ … saya save sebagai file apa saja, misal FILE autorun.inf atau iseng.txt, terserah … terus file text itu, saya beri attribut +h +r +s (hidden, read-only, system) dan saya ganti access priviledge-nya dari tadi everyone/administra tor/user saya menjadi hanya user lokal saya .. tujuannya, kalo nanti virus itu pengen rubah FOLDER autorun.inf menjadi FILE autorun.inf maka dia harus kerja lebih keras (itupun jika virus memang sudah menyertakan fungsi perubah/penghapus itu) dan tentunya ada kerja lain si virus yaitu harus take ownership lebih dulu terhadap si FILE ……

Ingat : ngerubah attribut dan access priviledge FILE/FOLDER harus dilakukan di harddisk … pertama karena fungsi itu biasanya tidak ada di USB, kedua anggaplah kita bikin backup untuk/jika ada USB lain yg ingin diberikan FOLDER autorun.inf ini … Trus langkah selanjutnya adalah memasukkan FILE autorun.inf ini ke dalam FOLDER autorun.inf rekursif yg sudah kita buat, terserah akan diletakkan di FOLDER mana FILE-nya … Contohnya, di folder Z:Autorun.inf isinya : – Folder Autorun.inf lagi – File autorun.inf dan di dalam folder autorun.inf kedua (Z:autorun. infautorun. inf) ada lagi isinya yaitu : – File autorun.inf Ini hanya contoh, silahkan coba divariasikan …

Setelah Folder dan File selesai disusun, bikin backup di harddisk untuk lain kali jika ada USB yg lain lagi bisa tinggal dikopikan. Kenapa bikin beginian? Kalo untuk di komputer sendiri bisa aman, tapi kalo USB dibawa-bawa ke komputer lain kan paling tidak ada file dan folder yg bisa bermain-main iseng sama si virus, terutama jika fungsi menjalankan autorun di komputer lain itu di-enable … minimalisir risiko aja kok … Wah, saya ngomong gini jangan-jangan ada yg punya ide bikin virus yg bisa hapus folder autorun.inf dan bisa take ownership dan menghapus isinya, apa saja, secara rekursif, hehehehe … aaahhh, whatever lah, yg penting ada ide biar USB-nya bisa jalan-jalan bentar ke komputer lain, mana tau virusnya rada bego, hehe ….

Delfiar n-main iseng sama si virus, terutama jika fungsi menjalankan autorun di komputer lain itu di-enable … minimalisir risiko aja kok … Wah, saya ngomong gini jangan-jangan ada yg punya ide bikin virus yg bisa hapus folder autorun.inf dan bisa take ownership dan menghapus isinya, apa saja, secara rekursif, hehehehe … aaahhh, whatever lah, yg penting ada ide biar USB-nya bisa jalan-jalan bentar ke komputer lain, mana tau virusnya rada bego, hehe …. Delfiar

Tinggalkan Balasan

